Wednesday, March 21, 2012

Konser Harmoni SCTV..

Hari Jumat kemarin tanggal 16 Maret 2012, gue menghadiri konser Harmoni SCTV di mana untuk bulan Maret ini temanya adalah "Masterpiece Koes Plus". Klo diliat dari temanya lumayan jadul yah, akan tetapi untungnya penyanyi yang kembali membawakan lagu-lagu dari Koes Plus ini adalah penyanyi masa kini seperti Sammy Simorangkir, Afgan, Anji, Glenn Fredly, Duo Maia, David "Naif", Harvey Malaiholo dan masih banyak lainnya.

                        Tiket undangan dibagi ke dalam dua kategori yaitu kelas VVIP dan VIP.

                   Harmoni SCTV bulan Maret menghadirkan Dwiki Darmawan sebagai composer.

Emang apa itu program Harmoni SCTV?
Buat yang belum tahu, sedikit gue bisa cerita ini adalah semacam pergelaran konser musik dengan konsep Orchestra seperti David Foster & Friends tapi dengan cita rasa Indonesia. Jujur gue sendiri juga ngga sangka kalau program Harmoni bisa berlanjut sampai sekarang, karena konsep awal program ini diluncurkan pada bulan Januari 2011 adalah dalam rangka penyambutan HUT SCTV yang ke-20 di bulan Agustus (Total rencana awal hanya 8 episode Januari - Agustus 2011). Akan tetapi dikarenakan sambutan dari penonton yang positif terhadap program Harmoni dan atas banyaknya permintaan dari penonton untuk memperpanjang program Harmoni via Twitter, Facebook hingga langsung menelepon langsung ke SCTV, maka sebagai rasa terima kasih terhadap antusiasme penonton Harmoni maka program ini tetap berlanjut sampai sekarang.

Apa bedanya program Harmoni dengan program konser musik lainnya?
Konser Harmoni adalah program musik SCTV yang diadakan satu bulan sekali, untuk membuat program musik dengan konsep Orchestra bukanlah pekerjaan yang mudah karena perlu melalui proses pembuatan aransemen yang cukup rumit oleh komposer-komposer ternama seperti Erwin Gutawa, Addie Ms, Aminoto Kosin, Andy Rianto dan lain-lain. Selain itu cost atau biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat program seperti Harmoni tidaklah murah sehingga tidaklah mudah program ini bisa langsung ditiru begitu saja oleh TV kompetitor hingga saat ini.

Mengapa program Harmoni harus ditayangkan secara tapping?
Program Harmoni memang tidak ditayangkan secara live akan tetapi tapping, dikarenakan untuk menghadirkan tontonan program musik dengan kualitas yang semaksimal mungkin maka proses tapping akan sangat membantu terutama apabila ada kesalahan bisa diulang proses pengambilan gambarnya. Selain itu setelah proses tapping selesai dilakukan maka tinggal dilanjutkan dengan proses mixing audio di studio.

Apakah ada episode ulangan (Re-Run) untuk program Harmoni?
Memang untuk yang satu ini, SCTV berkomitmen menjadikan tayangan program Harmoni sebagai tontonan musik yang berkualitas dan eksklusif sehingga sampai hari ini, kita tidak menayangkan siaran ulang program Harmoni. Selain itu ada juga teman-teman yang menanyakan apakah SCTV membuat DVD kompilasi lagu-lagu yang pernah ditampilkan di Harmoni? Hmm sebenarnya itu ide yang sangat menarik, akan tetapi sayang sekali sampai hari ini kita juga belum berencana untuk menuju ke arah sana hehe.

Oke kayaknya udah cukup penjelasan sedikit mengenai program Harmoni, back to the topic jadi kemarin itu gue nyampe di Balai Sarbini pukul 19.00 WIB, walaupun sebenernya diundangan tertulis acara di mulai pukul 19.00 WIB akan tetapi pada kenyataannya biasanya acara dimulai sekitar pukul 20.00 WIB karena kita udah sama-sama ngerti kondisi jalanan di hari Jumat sore plus budaya ngaret orang Indonesia.

Benar seperti dugaan gue, sekitar pukul 20.00 WIB acara akan segera dimulai dan seperti biasa Mas Eka (Floor Director) maju ke panggung sambil memberikan arahan kepada para penonton untuk bertepuk tangan yang semeriah mungkin supaya lebih menghidupkan suasana. Selain itu, penonton juga diharapkan untuk tidak menyalakan alat komunikasi selama acara berlangsung. Dan satu hal yang sangat menggembirakan, kita bebas untuk mengabadikan para artis yang tampil dengan kamera, asalkan tidak menggunakan blitz (Flash Light).

Jujur aja, gue sendiri sebenernya ngga gitu ngerti sama lagu-lagunya Om Koes Plus secara gue masih muda gitu loh muahahaha! Dan gue baru tau setelah beberapa lagu dimainkan seperti:
1.  Lagu Bunga di Tepi Jalan yang dibawakan Afgan, tadinya gue pikir itu lagunya Sheila On 7 ternyata penyanyi aslinya adalah Koes Plus.

2. Lagu Why Do You Love Me yang dibawakan oleh Glenn Fredly ternyata adalah ciptaan Koes Plus, padahal lagu itu terkenal banget sampai ke luar negeri terutama di Australia. #Bangga

3. Lagu Kolam Susu yang liriknya seperti berikut:

Bukan lautan hanya kolam susu

Kail dan jalan cukup menghidupimu

Tiada badai tiada topan kau temui

Ikan dan udang menghampiri dirimu


Bukan lautan hanya kolam susu

Kail dan jala cukup menghidupmu

Tiada badai tiada topan kau temui

Ikan dan udang menghampiri dirimu


Orang bilang tanah kita tanah surga

Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

Orang bilang tanah kita tanah surga

Tongkah kayu dan batu jadi tanaman


Berikut beberapa gambar performance artis yang tampil:

       Artis pengisi acara: Harvey Malaiholo, Blink, Duo Maia, Pasto dan Sammy Simorangkir.


                  Artis pengisi acara: Afgan, Anji, Glenn Fredly, David "Naiff", Ricci "Five Minutes".

Ngga berasa 1,5 jam telah berlalu dan acara hampir selesai, berapa kali pun gue udah pernah menonton konser Harmoni tapi ngga pernah bosan karena setiap bulannya Harmoni selalu mempunyai tema yang menarik dan menghadirkan banyak kejutan (Pada episode kali ini, langsung menghadirkan personil Koes Plus di lokasi sebagai tamu kehormatan walaupun mereka tidak menyanyi sama sekali).

Kesimpulan gue setelah menonton Harmoni "Masterpiece Koes Plus" ternyata Koes Plus keren yah, ngga heran kalau mereka jadi legenda karena ternyata banyak lagu Koes Plus yang jadi Hits tapi guenya aja yang baru tau kalau itu lagunya mereka hahaha! Seperti kata pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, setelah gue mengenal lebih dekat lagi dengan karyanya Koes Plus, gue pun langsung ngefans sama mereka.

Ok sekian tulisan gue kali ini, jangan lupa saksikan penayangan konser Harmoni bulan Maret "Master Piece Koes Plus" dengan composer Dwiki Darmawan Orchestra, hari Minggu tanggal 25 Maret 2012 pukul 22.30 WIB hanya di SCTV, Satu Untuk Semua.

Musik memang sungguh luar biasa dampaknya dalam mempengaruhi segala aspek di kehidupan kita, gue sendiri ngga pernah ngebayangin gimana dunia tanpa musik bahkan seorang Albert Enstein pun pernah mengatakan hal seperti ini:

 If i were not a physicist, I would probably be a musician. I often think in music. I live my daydreams in music. I see my life in terms of music.
~ Albert Einstein

1 comment:

  1. dear, Pak Michael..

    perkenalkan, saya Edward. saya ingin sekali menonton tapping konser Harmoni SCTV. bagaimana caranya supaya saya bisa mendapat undangan konser tersebut?

    ReplyDelete