Saturday, January 21, 2012

Long Distance Relationship

LDR atau istilah keren dari Long Distance Relationship, ide menulis tentang topik ini berawal dari curhatan seorang sahabat yang bercerita kepada gue mengenai kegalauan atau kebimbangan dia tentang apakah LDR itu bisa berhasil atau tidak? Jadi intinya dia menceritakan bahwa lagi deket dengan seseorang, tapi orang itu tinggal di belahan negara yang berbeda dengan tempat tinggalnya saat ini. Mungkin ada teman-teman pembaca yang mempunyai pengalaman atau jangan - jangan lagi ngejalanin LDR saat ini, boleh memberikan saran lewat comment untuk kita share disini.

Gue yakin di dunia ini sebenarnya klo bisa memilih, pasti ngga ada seorang pun yang mau menjalani hubungan jarak jauh kecuali dikarenakan keadaan misalnya salah satu pasangan kita harus pindah sekolah, kuliah ataupun kerja di kota lain atau luar negeri sehingga satu-satunya cara yang bisa dipilih yaitu pacaran jarak jauh atau LDR.

Ketakutan paling umum dari orang yang tidak mau berpacaran jarak jauh adalah selingkuh dan tidak mampu menahan rasa rindu. Akan tetapi dengan kemajuan teknologi yang luar biasa saat ini baik lewat sms, video call dan social media (YM, Skype, Whatsapp, Twitter, Facebook) dan lain-lain seharusnya udah lumayan bisa mengatasi sedikit permasalahan mengenai jarak dan waktu. Fasilitasnya udah ada tinggal bagaimana dari kita membuat semuanya terasa menyenangkan!

Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kalian dalam menjalani LDR:
1. Jadikan jarak bukan suatu masalah
Pernyataan ini adalah hal pertama yang harus bisa kita mantapkan dalam diri kita dan pasangan, intinya jangan lewatkan setiap saat untuk bisa berkomunikasi. Jangan merasa berkecil hati apabila tidak bisa sering ketemu dengan pasangan, masalahnya banyak juga kok pasangan yang sering ketemuan namun bawaannya hanya berantem terus dan akhirnya putus! Jadi buat kalian yang akan atau sedang menjalani LDR jangan khawatir, justru dengan long distance ada kesempatan saling menguji diri dan memupuk rasa cinta.



2. Komitmen untuk setia
Jangan berpikiran bahwa disana dia juga tidak akan setia dan kemudian membenarkan diri kalian untuk bebas berselingkuh. Hindari apapun yang akan membuat kalian merasa bersalah dikemudian hari.



3. Saling percaya, terbuka dan tetap berkomunikasi
Kunci kesuksesan suatu hubungan adalah kepercayaan di atas segalanya, dengan demikian kalian tidak akan berpikir yang macam-macam mengenai pasangan karena dengan selalu menduga-duga dan berpikiran negatif percayalah hal tersebut hanya akan membuat kalian semakin tersiksa. (Saling percaya tapi bukan berarti langsung tutup mata terhadap segala hal juga yah:p)

Hubungan yang berhasil adalah jika ada saling percaya dan tetap berkomunikasi walaupun jarak memisahkan. Jangan pesimis dan selalu terbuka dengan perasaan yang kalian alami. Bicarakan dengan pasangan jika ada yang mengganggu pikiran mengenai hubungan kalian.



4. Perbanyak aktivitas yang kita lakukan
Aktivitas tambahan ini berguna agar kalian tidak terlalu sering memikirkan si Dia dan bisa mengalihkan pikiran untuk mengerjakan hal-hal lain misalnya rajin ngegym bisa dapat bonus badan sehat, ambil kursus belajar musik, kursus bahasa asing dan sejenisnya.



5. Saling berkunjung
Jangan lupa luangkanlah waktu untuk bisa mengunjungi pasangan kita, jangan terus-terusan berharap dia yang akan menjenguk kalian. Ngga masalah juga kok kalau kalian cewek, dalam cinta itu tidak mengenal kata gengsi (Cowok suka kok dengan cewek yang memiliki inisiatif, tapi inget jangan terlalu agresif juga sih haha).



Bisa berhasil atau tidaknya suatu LDR tergantung dari masing-masing orang, ada beberapa teman gue yang berhasil "lulus" dan melanjutkan ke jenjang yang lebih serius lagi yaitu pernikahan. Gue pernah membaca suatu survey yang diadakan tapi gue lupa dari mana sumbernya, intinya menurut survey tersebut hampir 90% pasangan yang ngejalanin LDR itu kandas di tengah jalan, klo menurut gue pribadi mungkin yang golongan 90% ini kurang ‘tepat’ mencari pasangan, soalnya klo memang udah tepat sasaran, cobaan seberat apapun seharusnya bisa dilewati dan apapun alasannya ngga mungkin akan ada kata "putus" dari mulut kalian.



Mungkin itu hanya sedikit tips dari gue, semoga berguna dan dapat membantu bagi yang mengalami masalah dengan Long Distance Relationship. Ingatlah kalau perbedaan itu indah, karena kita memang di ciptakan berpasangan untuk suatu perbedaan. Jika semua sama, pasti akan terasa hampa. Jadi teruslah bersabar dan bersabar untuk meraih hubungan yang harmonis, mengalah untuk kepentingan bersama bukanlah suatu hal yang buruk. Namun jika memang sudah tidak bisa di pertahankan lagi, jangan dipaksakan karena akan makan hati, selain berat di hati juga berat di ongkos hahaha..

Saran gue untuk sang Sahabat, ikutilah kata hatimu karena terkadang ada beberapa hal yang perlu menggunakan intuisi dibandingkan akal sehat. Terkadang terlalu banyak berpikir malah menghambat hal-hal luar biasa yang bisa kita lakukan "Just Do It", inget penyesalan biasa selalu datang terlambat. Prinsip hidup gue adalah lebih baik mencoba dan gagal dari pada tidak pernah mencoba sama sekali.

"Cinta takkan datang jika kamu menunggu orang yg sempurna.. Tapi cinta akan datang jika kamu dapat menerima ketidaksempurnaan dan mencintainya dengan cara yg sempurna.."



Regards,


-Mike-
"Distance is not the end of the world in a relationship"

3 comments:

  1. Bedeh..mantap..b^_^d udah lama ga liat tulisan u yg begitu serius :) miss it hehehe..bnr bgt Mike pastinya..ku jadi ingat share nya K'Josua Iwan Wahyudi (speaker & penulis buku Menikah adalah Bunuh Diri)..dia kan ma istrinya jg LDR..buktinya awet skr.. :) jadi klo skr LDR mah nyante aja..yg penting punya komunikasi yg sehat..intensitas dan kualitas plus trusting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. WOW... TQ din, sudah ingat kita :) ci veve seneng banget baca comment Dina...

      @Mike: salam kenal, tq buat tulisannya, Mantap! membuat orang bisa melihat adanya kemungkinan LDR bisa dilakukan...dan....CONFIRM banget LDR bukan mustahil, karena kami, bahkan disaat belum ada fasilitas sebagus jaman sekarang (skype, fb, bb, perang tarif), u/telpon aja mikir, komunikasi susah, surat masih menjadi alat komunikasi termurah.... BERHASIL kami lalui dengan selamat...haha... (4tahun LDR)

      tetap semangat untuk menuliskan inpirasi positif buat generasi ini ya...

      salam,
      Josua Iwan Wahyudi
      Master EQ Trainer Indonesia
      @josuawahyudi

      Delete
  2. Yup lagi waras nie pikiran gue kemarin, makanya nulis yg serius haha;p.. Gue punya sahabat yg jalanin LDR dan mau married tahun ini, salut gue sama mereka yg bisa berkomitmen walaupun jarak memisahkan.. Thanks for the comment & for the invitation di Facebook mengenai seminar yg loe kasih tau ke gue itu=)..

    ReplyDelete