Sunday, January 29, 2012

10 tipe-tipe pengguna Twitter ala Michael Tjandra..

Beberapa hari yang lalu ada temen kantor #NoMention yang baru banget punya twitter, padahal entah kenapa sebenernya dari dulu gue sempet tanyain kok ngga bikin twitter aja? Padahal gue tau banget dia lumayan aktif di social media lainnya yaitu Facebook, dia waktu itu sempet bilang sih belum butuh.

Akan tetapi seperti biasa, gue selalu menilai sesuatu dari banyak sisi.. Belum butuh tuh bisa berarti emang dia belum butuh beneran atau sebenarnya dia ngga ngerti gimana caranya main twitter ---> Hanya dia dan Tuhan yang tau jawabannya hehe.

Yah intinya memang twitter tuh luar biasa, situs microblogging yang dibangun pada tahun 2006 ini sudah memiliki pengguna sebanyak hampir kurang lebih 200 Juta orang di seluruh dunia. Sebagai situs jejaring sosial, twitter memang tergolong unik karena dengan fitur yang bisa dibilang hanya teks semata dan terbatas hanya sebanyak 140 karakter saja, jejaring sosial karya Jack Dorsey ini sukses menjadi salah satu jejaring sosial favorit bahkan disinyalir banyak pengguna Facebook yang berpindah ke twitter (salah satunya gue).


Buat para penggila social media twitter sering akrab disapa dengan sebutan "Tweeps", gue sendiri mulai menggunakan twitter sejak 18 Januari 2010 (lebih dari 2 tahun) dan selama itulah gue perhatikan beberapa pengguna twitter yang bisa gue kategorikan ke dalam beberapa tipe. Berikut tipe-tipe pengguna twitter:
1. Pengemis twitter atau bahasa kerennya (Tweepstype)
Pengguna twitter yang satu ini, entah kenapa selalu punya cita-cita untuk punya followers yang banyak. Ciri-cirinya adalah selalu menfollow orang terlebih dahulu dan berharap orang lain untuk folback (follow back) dia, contoh: Sukono Hai @mawar, aku udah follow kamu dari 10 tahun yang lalu loh.. Folback donk!.. #Kasihan


2. GPS 
Kemanapun ia pergi dan apapun yang ia lakukan, itulah yang ia tweet.. Tingkah si pengguna twitter yang satu ini didukung dengan adanya social media Foursquare yang mampu melakukan check-in di setiap tempat yang kita kunjungi, contoh:

Sukono I'm at Warteg Ibu Tini Cempaka Putih (Jl. Letjen Untung Sekali, Jakarta)



3. Seleb-twit
Tipe pengguna twitter ini adalah publik figur atau orang-orang yang memiliki posisi penting baik di pemerintahan maupun kantor tempat dia bekerja. Biasanya, tipe ini juga senang dipuja oleh followersnya sehingga isi tweetnya biasanya berbobot misalnya seperti motivasi dan sejenisnya dengan pertimbangan tak ingin tweet yang dibuat akan merusak citranya dan bisa di Re-tweet oleh followersnya, contoh: 
Sukono "Jangan remehkan diri sendiri, tak ada seorang pun yg biasa-biasa saja. Yg ada hanya mereka yg tidak menyadari betapa luar biasanya mereka"

4. Messenger
Tipe pengguna twitter ini merasa butuh untuk menyampaikan segala informasi kepada orang lain. Biasanya, tipe orang seperti ini adalah yang senang berbagi pengalaman, mereka akan mengajak followernya terlibat di setiap pengalaman yang dia rasakan. Tak hanya itu, link foto pun akan terpasang di tweet, sehingga kamu bisa melihat langsung dari pemandangan yang dia lihat hingga makanan yang sedang dia nikmati.

Dia juga akan mengumpulkan informasi dan membaginya untuk kepentingan orang lain baik itu dalam bentuk link video ataupun berita, contoh:
Sukono RT@detikcom: Julia Perez jalani ritual titisan Suzana.. #PentingBangetNieBerita

5. Expressive-ers
Biasanya isi tweet dari tipe pengguna twitter ini adalah keluhan-keluhan yang selalu ia rasakan misalnya marah-marah soal kemacetan, pekerjaan dan sejenisnya. Tak jarang dalam tweet-nya, tipe ini menggunakan huruf kapital, contoh:
Sukono GILA NIE JAKARTA, KAPAN PERNAH NGGA MACET SIH!!!!?????

6. Galau-ers
Nah ini dia penguasa time line sejati! Yah bisa dibilang hampir 80% isi dari time line twitter adalah dikuasai oleh tipe ini. Tipe pengguna twitter ini tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Ciri khas mereka menfollow account yang sama seperti @poconggg, @radityadika, @RadioGalau dan sejenisnya serta biasanya jumlah tweet mereka akan meningkat drastis pada saat malam minggu, contoh:
Sukono Yang malam minggu internetan aja, mana suaranya???? #penggalauanmassal
Sukono Mendungnya udara di luar, semendung hatiku..
Sukono A: Bapak kamu tukang tahu ya? | B: Kok kamu tahu? | A: Sebab kamu telah menggejrotkan hatiku #Eaaa

7. Pengecut
Ciri khas dari tipe ini adalah selalu tidak pernah mention nama orang pada tweetnya, contoh:
Sukono Dasar cewek sialan, matre banget sih!!! #NoMention

Tipe pengguna twitter ini pasti tidak sadar bahwa sebenarnya dia telah banyak menyakiti hati followernya terutama yang cewek-cewek, karena dia tulis #NoMention maka secara tidak langsung semua followers wanitanya jadi merasa dan menduga sindiran itu ditujukan mereka.

8. Spammer 
Tau klo email spam kan? Nah dalam dunia pertwitteran juga ada ciri pengguna twitter yang seperti itu dimana ciri khas tipe ini akan terlihat sangat labil. Dia bakal lebih aktif melakukan tweeting mengenai apa yang ia rasakan, apa yang ia pikirkan dibanding berinteraksi dengan orang lain., contoh:
Sukono Laper banget.. 5 minutes ago
Sukono Lagi jalan ke dapur.. 6 minutes ago
Sukono Lagi di meja makan.. 7 minutes ago
Sukono Lagi ngunyah.. 8 minutes ago

Tipe pengguna twitter ini mengungkapkan apa yang dia rasa itu sampai berkali-kali. Bahkan saking labilnya, perasaan yang sedang ia sampaikan itu bisa berubah dengan cepatnya dalam hitungan menit. Contoh: Di tweet pertama dia bilang lagi sedih, terus di tweet ke-5 dia bilang dia lagi jatuh cinta, terus di twet ke 10 dia bilang dia mau mati aja, argh!

Pertanyaan gue, kenapa hal tersebut ngga disampaikan saja dengan 1 tweet sebanyak 140 karakter? #Unfollow

9. Talkative
Ini adalah tipe gue sebenernya, agak lain dengan spammer. Talkative biasanya hanya melakukan banyak tweet disaat tertentu aja. Ciri khas pengguna twitter ini sendiri biasanya lebih sering bercengkrama dengan orang yang ada di list following-nya dia sendiri. Misalnya kayak gue, lagi ngeliat following gue lagi ngetweet sesuatu yang lucu atau kontroversi, terus gue rusuhin dan gue becanda-becandain sampe akhirnya dari situ jadi panjang pembicaraannya, contoh: Liat tweet gue sendiri aja yah @miketjandra hahaha. #Promosi

10. Secret Admirer / Reader
Tipe pengguna twitter ini, klo gue lebih senang menyebutnya dengan Kepo-ers (orang yang selalu mau tau). Ciri khas utamanya adalah jarang sekali ngetweet tapi sebenernya itu dia aktif, yang dia lakukan di twitter itu sendiri gak jauh dari cuma membaca timeline twitter orang lain, khusus untuk tipe pengguna twitter ini ngga ada contohnya karena mereka jarang sekali ngetweet.

Begitulah kira-kira 10 tipe pengguna twitter sejauh yang gue amati selama ini, sebenarnya terserah aja sih mau menulis tweet apa aja sesuai dengan keinginan kita, toh kalau gak suka tinggal unfollow atau muted. Itulah plus minus nya dari kemajuan teknologi.

Mungkin dulu klo ada pepatah "Mulutmu Harimaumu", sekarang udah ganti istilahnya jadi "Statusmu Harimaumu". So, jika kamu pengguna twitter, kira-kira kamu tipe yang mana? :)

NB: Thanks to @anotherLMLife & @juwitatjahjadi yang udah kasih pandangan mengenai tipe pengguna twitter yang dimention ke gue.

7 comments:

  1. Hahaha... Ga sengaja nemu blog nya ka Mike :p
    Klo ka Mike tipe yg mana?

    ReplyDelete
  2. Every weekend i used to visit this web site, for the reason that i want enjoyment, since this this website
    conations genuinely good funny stuff too.

    my web-site - visit for mini retriever content

    ReplyDelete
  3. I am actually thankful to the owner of this web page who has shared this enormous paragraph at at this time.


    Check out my web-site ... check my reference

    ReplyDelete
  4. Hi there it's me, I am also visiting this web site on a regular basis, this web site is actually fastidious and the viewers are really sharing fastidious thoughts.

    Feel free to visit my blog golden retriever puppies

    ReplyDelete
  5. I know this if off topic but I'm looking into starting my own weblog and was curious what all is required to get set up? I'm assuming
    having a blog like yours would cost a pretty
    penny? I'm not very internet smart so I'm not 100% certain.
    Any suggestions or advice would be greatly appreciated.

    Kudos

    My web blog: outstanding golden retrievers info details

    ReplyDelete
  6. I think what you posted made a lot of sense. However, what about this?
    what if you added a little information? I am
    not suggesting your content is not good, but what if
    you added a headline to possibly get a person's attention? I mean "10 tipe-tipe pengguna Twitter ala Michael Tjandra.." is kinda boring. You should glance at Yahoo's front page and see how they create news titles
    to grab people to open the links. You might add a related video or a related picture or two to get people interested about everything've got to say. Just my opinion, it could bring your posts a little bit more interesting.

    my homepage more golden retrievers puppies info

    ReplyDelete
  7. Howdy! Someone in my Facebook group shared this website with
    us so I came to give it a look. I'm definitely loving the information. I'm book-marking and
    will be tweeting this to my followers! Superb blog and great style and design.


    Also visit my blog; Yellow Lab And Golden Retriever Mix

    ReplyDelete